10 May 2012

Berfikir Ilmiah dengan Pesawat Kertas



Siapa yang tidak kenal pesawat kertas? Mungkin anda yang membaca kalimat pembuka tadi langsung tersenyum simpul dan memorinya langsung melayang ke masa puluhan tahun lalu. Masa dimana selembar kertas bisa sangat berarti untuk mengisi waktu kita yang seperti tanpa batas. Di tangan kreatif kita selembar kertas bisa punya banyak kemungkinan, semuanya sepertinya mudah dan menyenangkan. Dan benar, pesawat adalah salah satu pilihan favorit kita. Menjadikannya melayang lama di udara tanpa peduli kapan dan dimana dia mau mendarat. Begitu gamblang dan tanpa perlu banyak pertimbangan.

Pesawat kertas menjadi ide kami belajar di rumah pagi minggu kemaren. Dikemas dengan tema memperkenalkan metoda berfikir ilmiah, adik-adik rumah pagi berusaha menelaah konstruksi pesawat kertas yang bisa melayang lebih lama. Ada bayak parameter yang diukur, seperti jumlah lipatan, posisi lipatan, sebaran masa kertas dan konstruksi pesawat. Membuat hipotesa, melakukan banyak percobaan dan belajar membuat kesimpulan.

Sekilas sepertinya akan berjalan rumit, tetapi ternyata tidak. Antusias adik-adik asuh menjadikan sessi ini berjalan mulus dan menyenangkan. Hasilnya saat ini kami telah memiliki formula paling andal dalam menciptakan pesawat kertas yang bisa melayang lebih lama. Tentu memori kita masih segar betapa bangganya jika pesawat kita bisa melayang lebih lama...duh masa kanak-kanak memang masa yang paling menyenangkan.



No comments: