12 October 2012

Goes to the Musseum

Ada yang tidak biasa di Rumah PaGi hari minggu 28 september dua minggu yang lalu. Adik-adik Rumah Pagi telah berdatangan dari pagi dan terlihat lebih antusias. Ya..hari ini program "Goes to Museum" Rumah Pagi dimulai.Suasana meriah berlanjut saat kakak pembina mengatur keberangkatan. Awalnya kita berniat untuk berangkat pukul 8.00 pagi, karena persiapan dan harus mencari tambahan mobil maka pas jam 9.00 perjalanan pun dimulai.

Ada masalah kecil yang kadang mengganggu ketika Rumah PaGi mengadakan program yang mengharuskan kita menempuh perjalanan bermobil cukup lama. Entah karena tidak terbiasa atau terlalu antusias kebanyakan adik-adik Rumah PaGi tidak kuat duduk di mobil cukup lama, mereka mulai mual , pusing bahkan muntah. Tapi ini bukanlah penghalang. Perjalananpun berlangsung lancar walaupun kami harus memutar jalan karena adanya "car free day" di jalan sudirman.

Pukul 10 lewat kita sampai di tujuan yaitu Musium Sejarah Jakarta atau dikenal juga dengan nama Museum Fatahillah yang berlokasi di Jl. Taman Fatahillah no 1 Jakarta Barat.Ternyata museum ini adalah musium yang memiliki peminat banyak. Pada saat kami datang museum ini sudah ramai. Banyak pedagang, seniman dan berbagai orang disekitar museum. 

Setelah beristirahat sejenak dan mengumpulkan energi lagi (banyak yang mabuk darat:)) kita semua memulai tour di museum ini. Dipandu oleh kak Asep perjalanan mengelilingi museum dimulai. Ini seperti mengintip ke masa lalu. Megah itulah kesan yang terasa melihat gedung ini. Tembok tebal, kokoh dan membayangkannya dibangun lebih dari tiga abad yang lalu memberikan kesan bahwa bangsa ini pernah besar, meskipun Belanda menguras dan mengotori kebesaran itu. 

Setiap ruang dan sudut di gedung ini bersejarah. Sangat kental nuansa kolonialnya. Bukan hanya gedungnya yang bermutu baik, seluruh furniturenya juga berkualitas amat baik dan masih dalam kondisi baik. Hanya kesan tidak terawatnya yang sedikit mengganggu pengunjung.

Setelah puas mengitari museum dan mendapatkan banyak penjelasan dari tour guide, kami pun pulang. Sungguh sebuah perjalanan yang memberi banyak inspirasi. Sungguh sebuah aset sejarah yang luar biasa. Kita harus menjaganya dengan baik karena sepertinya museum ini tidak terawat dan terkesan seadanya.

Semoga adik-adik Rumah PaGi mendapatkan pelajaran berharga dan banyak peer untuk dilakukan:)

No comments: